Selasa, 24 Agustus 2010

PDF NeoTek Vol. I – No. 02

Content:
  • NeoRagam: Broadband Internet dan Broadband Content -- Email dengan Penjaga Suasana Hati -- eLearning Masuk ke Asia -- World Toilet Organization? -- Akhirnya Broadband Internet Tersedia di Indonesia -- Tantangan US$10.000 untuk Para Hacker -- DiVX; MP3 atau Video? -- Gerakan Anti Komputer di Sekolah Dasar -- Angelina Jolie Menjadi Lara Croft -- Sumpah Internet Pemuda 2000.
  • NeoStart: Dasar-dasar Internet -- Cari-cari di Internet -- Mengenal Browser -- Email; Kenalan Dong! -- Membuat Sambungan ke Beberapa ISP.
  • NeoSearch: Gnutella Mengembalikan Kebebasan di Internet -- Jadilah Warga Gnutella Sekarang! -- Search & Download dengan Gnutella -- Gnutella CLone.
  • NeoTutor: Dasar-dasar HTML dalam Delapan Langkah -- Mendesai Situs Web -- unsur-unsur Penting pada Situs Web.
  • NeoStyle: Ganti Kulit Cara WinAmp -- Chatting mIRC.
  • NeoBiz: eBook yang Seksi -- Icip-icip eBook dengan MsReader.
  • NeoEdu: Belajar Jarak Jauh di Era Internet -- eTeaching Solution dari eCollege.com -- Belajar Internet Melalui Learn The Net -- Azar Interactive Grammar.

Salam Redaksi:
Pada mulanya adalah kebebasan informasi. Itulah yang diyakini orang sebagai prinsip dasar Internet. Tetapi lalu kebebasan itu terbebani bukan oleh peraturan pemerintah, melainkan oleh kepentingan bisnis. Maka lahirlah Gnutella yang menurut penggagasnya akan mengembalikan kredo awal Internet. Hal itu dimungkinkan dengan teknologi yang melatarbelakangi program ini yaitu pertukaran file (file sharing) antara pengguna Internet. Ternyata Gnutella disaut riang oleh banyak pihak. Maka tidak mengherankan jika kemudian merebak clone program ini, seperti Toadnode, Gnotella, Bodtella, dsb.
Pada nomor ini NeoTek menyajikan Gnutella karena dinilai dari keorisinalan gagasan yang dianggap semacam pencerahan bagi Internet. Gnutella menciptakan satu dunia yang di dalamnya orang bebsa bertukar informasi sebebas mereka kehendaki. Maka kita pun patut menyambut kebebasan (kembali) ber-Internet.
Sementara itu, tren baru di dunia pendidikan pun tidak lepas dari perhatian kami yaitu pendidikan jarak jauh dengan memanfaatkan Internet. di masa datang kecendrungan ini diperkirakan akan makin merebak dengan berkembangnya teknologi multi media di Internet dan bandwith Internet yang makin besar karena kedua faktor ini amat mendukung bagi online learning. Kami berharap tulisan mengenai pendidikan jarak jauh yang kami sajikan pada nomor ini bisa menjadi semacam percikan api gagasan yang mudah-mudahan membesar dan dapat menumbuhkan alternatif media pendidikan di tanah air.



Majalah NeoTek Vol. I - No. 01 -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar